PPN Belum Akan Dinaikkan

Dirjen Pajak Darmin Nasution mengisyaratkan pemerintah belum akan menaikkan pajak pertambahan nilai (PPN). Hal ini terkait dengan sejumlah usulan yang mengemuka belakangan ini, agar PPN dinaikkan untuk menggenjot penerimaan pajak setelah adanya pengurangan tarif pajak penghasilan (PPh) melalui amandemen RUU PPh yang baru-baru sudah disepakati antara pemerintah dengan Komisi XI DPR.

"Kalau usulan PPN dinaikkan, saya belum mau jawab. Nanti aja tunggu amandemen. Sampai sekarang tarif PPN kita tetap 10 persen," ucapnya, di sela acara Sosialisasi Sunset Policy di Kalangan Perbankan, di kantor Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/8/2008).

Dia menambahkan, PPN di Indonesia sebenarnya tidak lebih tinggi dibanding negara-negara Eropa, yang paling sedikit menerapkan PPN-nya sekira 15 persen dan tidak diberlakukan di semua komoditas.

"Bahkan yang bukan komoditas kebutuhan dasar itu bisa sampai 30 persen. Itu PPN-nya lho, bukan PPnBM," jelasnya.

Menurut Darmin, PPN itu adalah jenis pajak yang memukul rata ke segala sektor. Sehingga, dalam hal ini jangan berbicara keadilan. "Orang meninggal dan bayi yang baru lahir di rumah sakit saja peralatannya kena PPN," jelasnya.

Artinya, lanjut Darmin, seandainya PPN itu dinaikkan memang penerimaan negara akan ikut terkerek naik. Namun, ia menegaskan, itu akan semakin mengorbankan keadilan.(spectrum konsultan).


sumber : www.pajak.go.id

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Mengenai Saya

Spectrum Konsultan adalah perusahaan jasa konsultan yang berkonsentrasi pada penyediaan jasa konsultasi bisnis strategik. Bidang jasa yang diberikan bersifat komprehensif mencakup konsultasi Merjer & Akuisisi, Penilaian Bisnis, Jasa Akuntansi, Perpajakan, Administrasi Penggajian, Training, dan Media/Penerbitan. Dalam pemberian jasa konsultasi, pendekatan dan metode terkini diaplikasikan agar dicapai kualitas pelayanan yang optimal untuk memenuhi harapan pemakai jasa.

Visitor sampai saat ini